Published On: Rab, Mar 8th, 2017

Wow, Koleksi Gambar Tin-Tin Ini Dilelang Harga Rp 9 Miliar

tin-tin

Jalaon.com – Balai lelang Artcurial mengatakan koleksi gambar langka kartun Tintin yang berasal dari serial Tintin in America akan dilelang bulan depan. Dilansir dari wowkeren, gambar tersebut dibuat langsung oleh kartunis Belgia pencipta Tintin, Herge, dengan tinta China dengan ukuran 21 x 15 centimeter.

Pihak balai lelang mengatakan koleksi dari 1937 tersebut diperkirakan sanggup terjual antara USD 635 ribu hingga USD 740 ribu atau Rp 8,4 miliar hingga Rp 9,8 miliar. Gambar berwarna tersebut menampilkan sosok wartawan pemberani itu dengan senjata revolver di tangan, berdiri di papan berjalan dan mengejar pelaku kejahatan di Chicago.

Koleksi berwarna dari Herge tergolong langka terutama yang berasal dari koleksi hitam-putih mulai dari Tintin in Congo (1931) sampai The Crab with the Golden Claws (1941). Lelang yang diadakan pada 8 April mendatang akan ikut menampilkan sejumlah karya Herge lainnya termasuk koleksi gambar yang dipublikasikan di koran Belgia jelang rilis seri Red Rackham’s Treasure.

Salah satu gambar tersebut menampilkan Kapten Haddock mengenakan topi berbulu dan tengah mengacungkan pedang bersama Tintin dan sang anjing, Snowy. Gambar komik Tintin asli telah meraup jutaan dollar di berbagai pelelangan selama beberapa tahun terakhir.

November lalu, gambar asli dari seri Explorers on the Moon terjual hingga 1,5 juta euro di balai lelang Artcurial dan mencatat rekor penjualan untuk gambar kartun tunggal. Serial dari 1954 tersebut dianggap sebagai salah satu mahakarya Herge. Herge telah mencatat rekor dunia dari penjualan komik strip tersebut.

Sebuah halaman bergambar bolak-balik yang disematkan sebagai sampul dalam seluruh koleksi Tintin pada 1937 hingga 1958 telah terjual lebih dari 2,65 juta euro, atau sekitar USD 3,6 juta saat itu, pada 2014 kepada seorang penggemar dari Amerika. Herge telah menjual sekitar 230 juta album Tintin hingga kematiannya pada 1983.