XL Axiata Siap Adopsi Jaringan 5G pada Tahun 2020

d

Jalaon.com – Internet of Things (IoT) telah memprediksikan pengguna internet akan semakin meningkat pada tahun 2020 mendatang. Mengetahui hal ini, provider XL Axiata mengaku telah siap mengadopsi jaringan terbaru 5G pada tahun 2020 nanti. Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

“Untuk consumer, jaringan 4G kami masih cukup untuk mengkover kebutuhan kapasitas dan speed yang tinggi. Namun, menyambut IoT, teknologi 5G diperlukan karena konektivitasnya besar. IoT bisa menjadi sumber pendapatan kami yang baru,” ujar Dian ditemui usai Demo Teknologi 5G Outdoor XL di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Untuk mengadopsi jaringan 5G, Dian mengaku hal tersebut membutuhkan beberapa waktu, karena untuk jaringan tersebut membutuhkan pita frekuensi yang besar, berbeda dengan jaringan 4G yang hanya membutuhkan 10-15MHz pita frekuensi saja.

“(Menggelar) teknologi 5G yang penting pita frekuensinya lebar. Kalau menggelar 4G hanya butuh 10-15MHz, 5G bisa membutuhkan hingga 500MHz,” katanya.

Dian mengatakan bahwa penetrasi pengadopsian jaringan 4G lebih cepat dari saat pihaknya mengadopsi jaringan 3G. Walaupun saat ini pengadopsian 4G masih berjalan selama dua tahun, Dian sudah merencanakan untuk mengadopsi 5G.

“Saat kami gelar 3G di 2005, kami pikir adopsinya cepat. Ternyata prediksi kami meleset. Kami butuh waktu 10 tahun agar adopsi 3G naik. Penetrasinya (3G) juga baru 30 persen di Indonesia. Tapi, adopsi 4G jauh lebih cepat dari yang kami perkirakan. Meski 4G baru jalan dua tahun, kami sudah mulai assesment untuk 5G,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here