4 Cara Mudah Meredakan Stres Dengan Cepat

Jalaon.com – Stres memang hampir sering menjangkiti manusia saat ini, apabila anda dilanda stres pastikan untuk dapat mengenali gejalanya.

Menurut wikipedia stres merupakan suatu kondisi di mana saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu tersebut dan hasilnya dipandang tidak pasti dan penting.

Di era saat ini stres mungkin saja menjangkiti hampir manusia yang penuh dengan tuntutan hidup dan kadang hasilnya tidak memuaskan. Ada banyak cara untuk mengatasi stres. Kebanyakan cara memang dengan menenangkan diri atau pergi liburan.

Tetapi apakah anda tahu bahwa 4 cara berikut ini adalah cara cepat dan mudah untuk meredakan stres yang mungkin anda rasakan.

1. Berolahraga

Olahraga diketahui dapat meredakan stres. Tubuh yang sehat akan memiliki pengaruh yang sehat kepada pikiran anda. Seiring dengan asupan oksigen yang didapat tubuh pikiran anda sedikit demi sedikit akan terpengaruh dengan ketenangan dan berfikir lebih jernih. Anda dapat biasakan melakukan olahraga setiap hari minimal 5 menit sekali untuk dapat kembali mendapatkan hari yang lebih ceria.

2. Berfikir Positif

Berfikir positif adalah salah satu cara mudah untuk segera dapat menghilangkan stres yang kebanyakan memang diisi oleh pikiran negatif atau kekalutan pikiran.  Berfikir positif dengan masalah yang sedang anda hadapi akan membuka cakrawala pikiran anda untuk dapat berfikir lebih jernih dan melihat solusi akan permasalahan yang sedang anda hadapi. Selain itu dengan berfikir positif kita akan semakin bersyukur kepada Tuhan akan segala yang kita miliki.

3. Berfikir Jangka Panjang

Ada baiknya anda luangkan 5 menit setiap harinya untuk berfikir jangka panjang memiliki rencana ke depan tentang apa yang akan anda lakukan. Biasanya stres akan menghilang ketika kita bisa memikirkan ke depan melihat rencana indah yang di dalamnya sesuai dengan harapan kita. Sejenak akan melepaskan beban yang ada karena masalah di pikiran. Lakukan setiap hari minimal 5 menit dan anda akan merasakan bahwa stress adalah keadaan pikiran yang sementara.   

4. Olah Pernafasan

Keadaan pikiran biasanya berkorelasi dengan ritme pernafasan. Maka apabila anda dilanda stres ada baiknya untuk melakukan pengolahan pernafasan selama 5 menit. Ambillah posisi duduk dengan nyaman kemudian tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan sambil berfikir setiap hembusan nafas yang dikeluarkan adalah beban masalah yang saat ini anda miliki anda keluarkan. Lakukan ini 5 menit setiap harinya dan pikiran anda akan terbuka.

Dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk selalu berdo’a pada Tuhan untuk diberikan petunjuk dalam menjalani hidup. Selamat mencoba.