Gempa bumi berkekuatan 6 SR menghantam Sumbawa

Jalaon.com – Gempa bumi berkekuatan 6 skala richter melanda selatan kota Raba di pulau Sumbawa, Indonesia tengah, Selasa, menurut US Geological Survey (USGS).

Tidak ada peringatan tsunami segera atau laporan kerusakan atau korban dari gempa, yang melanda pada kedalaman 25 kilometer (16 mil) sekitar 219 km (136 mil) selatan Raba di timur Sumbawa, yang merupakan bagian dari Nusa Barat Provinsi tenggara.

USGS pertama kali menempatkan gempa pada 6,1. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii mengatakan di situs webnya tidak ada peringatan tsunami sampai saat ini.

Indonesia adalah negara kepulauan yang rawan bencana yang mengangkangi “Ring of Fire” Pasifik yang aktif secara seismik. Itu menderita tahun paling mematikan dalam lebih dari satu dekade pada tahun 2018 ketika serangkaian gempa bumi dan tsunami menewaskan lebih dari 3.000 orang.

Sekitar 430 orang tewas, dengan sedikitnya 159 orang hilang, setelah tsunami di lepas pantai barat Jawa selama musim Natal membangkitkan ingatan akan tsunami Samudra Hindia yang dipicu oleh gempa bumi dahsyat pada 26 Desember 2004.

Bencana itu menewaskan 226.000 orang di 14 negara, termasuk lebih dari 120.000 di Indonesia.