Hari ini Presiden Jokowi Berulang Tahun yang Ke-57

Hari ini  Presiden Jokowi Berulang Tahun yang Ke-57

Hari ini tepat 57 tahun yang lalu Presiden Joko Widodo lahir di Solo pada 21 Juni 1961. Jokowi merupakan putra dari pasangan Noto Mihardjo yang berasal dari Karanganyar, dan Sujiatmi yang berasal dari Boyolali. Ia merupakan anak laki-laki satu satunya dari empat bersaudara.

Sewaktu kecil ia memiliki nama Mulyono sebelum berganti nama menjadi Joko Widodo.

Riwayat pendidikannya ia habiskan di Solo diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah. Namun kondisinya kala itu tak menyurutkan niat Jokowi kecil untuk menempuh pendidikan.

Setelah lulus SD, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta dan pendidikan menengah atas di SMAN 6 Surakarta.

Jokowi terbiasa bekerja sejak kecil. Mulai dari berdagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul, demi membeli keperluan sekolah dan uang jajan sehari-hari. Ia juga mulai mengenal soal kayu saat menjadi penggergaji pada usia 12 tahun.

Jokowi melanjutkan pendidikan strata 1 di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dia kemudian menikah dengan Iriana di Solo, tanggal 24 Desember 1986, dan memiliki 3 orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka (1988), Kahiyang Ayu (1991), dan Kaesang Pangarep (1995).

 

Perjalanan dari menjadi Pengusaha sampai jadi Presiden

Pada 1988, Jokowi menjadi pengusaha mebel dan kayu dengan mendirikan CV Rakabu, yang diambil dari nama anak pertamanya Gibran Rakabuming Raka.

Sukses dengan usahanya yang sering dieskpor ke luar negeri, Jokowi memutuskan terjun di bidang politik. Ia memulai karier politiknya sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2005 hingga 2012.

Dia kemudian menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga tahun 2014. Di tahun yang sama, Jokowi terpilih sebagai Presiden RI.

Tahun ini adalah tahun keempat Jokowi berulang tahun sejak menjabat sebagai presiden.

Selamat ulang tahun Bapak Presiden Joko Widodo.

Tinggalkan Balasan